Senin, 16 Januari 2012

Ditemuakan Keramik China Kuno di Dabo Singkep

ilustrasi


Zainal Achmad, warga desa Batu Berdaun yang selaku Ketua BPD Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep bersama kawan-kawannya menemukan puluhan pecahan keramik yang diperkirakan peninggalan Cina zaman dahulu (kuno). Ditemukan juga antara lain benda sejenis koin (uang recehan) dan juga berbagai jenis benda kuno lainnya semacam penggali atau cangkul.

Berbagai pecahan keramik tersebut dengan berbagai warna dengan motif Cina dan sangat indah dengan desain yang spesifik. “Ada berbagai jenis keramiknya, termasuk benda sejenis kendi air atau berbentuk guci. Pada koin yang saya temukan ada tertulis angka tahun 1768,” terang Zainal kepada wartawan yang melihat barang langka tersebut. Zainal sendiri tidak tahu secara pasti dari mana sebenarnya benda-benda itu berasal dan banyak ditemukan di lokasi penggalian timah yang mereka kerjakan sekitar dua minggu terakhir ini.

Hanya saja menurut Kades Batu Berdaun, Sukarmadi, lokasi di mana pecahan-pecahan keramik kuno itu ditemukan adalah bekas kolong timah ex PT Timah, persisnya berada di daerah RT 3 RW 5 Dusun II Kampung Mentok.”Dulunya daerah ini merupakan kampung tua, sementara bekas-bekas berdirinya rumah di sini memang sudah tidak ada lagi bekasnya. Kampung Tua ini dahulunya dinamakan Laut Jauh dan sekarang kita kenal bernama Kampung Mentok,” kisah Sukarmadi.

referensi : linggapos.com

Related Posts by Categories

0 komentar: